Bahasa Romantis Eksakta (Sains)

Bahasa Romantis Eksakta

Bahasa Romantis Eksakta

Tahukah kau! Apa itu rumus-rumus eksakta???
Rumus-rumus eksakta adalah sebuah bahasa romantis yg berusaha menerjemahkan hukum-hukum Allah di alam agar dapat dimengerti oleh manusia…
.
Jadi, Ilmuwan tidaklah lebih dari seorang “pujangga” yang kemudian menerjemahkan hukum-hukum Allah (fenomena alam) ke dalam bahasa eksakta agar lebih mudah dimengerti dan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama…
.
Tapi anehnya, kenapa banyak yang takut pada bahasa eksakta?
Klo kita berbicara tentang “sastra…”
Mungkin kita sedang membicarakan tentang sesuatu yg tenggelam dalam dunia bunga-bunga^_^
Semuanya terlihat indah dan hendak dijadikan rangkaian kata-kata…
Bagi seorang sastrawan, umumnya mereka tak mengerti indahnya eksakta..
Seolah-olah mereka berkata:
“Bagaimana mungkin indahnya pelangi dan semerbaknya melati putih yang dapat dilukiskan dengan berbagai kata-kata indah mesti dikuantifikasi dengan sederet angka? Tak cukupkah jika kita hanya berkata bahwa itu ’indah’???”
.
Aku sebenarnya sepakat bahwa “itu” memang indah…
Tapi tidakkah kau ingin lebih mengerti kenapa “itu” indah???
Dan mencoba lebih mengenal siapakah dia?
Aku tahu banyak yang memang begitu…
banyak orang hanya pandai berkata-kata, tapi mereka tak pernah tahu kenapa bisa begitu…
Cobalah sejenak menatap pelangi-pelangi indah, renungkanlah keindahannya, dan katakan padaku apa yang kau ketahui tentang negeri pelangi!!!

Aku tahu, banyak orang pasti pulang dengan tangan hampa tanpa mengerti…
Tidakkah mereka tahu bahwa “tak sembarang orang” yg dapat melihat negeri pelangi?
Hanya orang-orang terpilihlah yg dapat melihatnya,….
Apakah kau tahu syarat apakah yg mutlak kau perlukan agar dapat melihat negeri pelangi? Agar dapat menjadi “manusia-manusia terpilih”?
Cahaya polikromatis (cahaya yg terdiri dari lebih satu warna, contohnya: warna putih), sesuatu yang dapat membiaskan cahaya, dan posisi yg tepat…

itu jawabnya!

Ketika kau melihat pelangi, sebenarnya kau sedang melihat cahaya polikromatis yang sedang dibiaskan pada sudut tertentu dan kau hanya akan dapat melihat pelanginya jika  berada pada posisi hasil pembiasannya tsb..

Ketika hujan, pelangi akan terbentuk jika ada sinar matahari yang datang pada sudut 42 derajat dari mata kita ke titik air hujan dan coba tebak! Seperti apakah pelangi yang nampak?

Sebuah pita indah… melengkung… dan terdiri dari berbagai warna…
Dan cobalah perhatikan! di manakah letak warna merah? pasti merahnya berada pada lengkungan yg paling bawah, iya kan? hehe^_^
Itulah fenomena alam, dan kau akan mengerti jika mengenal bahasa romantisnya, yakni bahasa fisika yg berjudul pemantulan dan pembiasan… ditambah juga dengan pengetahuan bahasa matematika tentang geometri dan garis lurus….
Mungkin kau mau bertanya: “bisakah pita merah dari pelangi dapat terlihat pada lengkungan paling atas?”
Jawabnya, “bisa!”
Jika sudutnya 50 derajat dari kita…
.
Mungkin kau akan berkata:
Woow.. aku baru tahu lho..^_^
Ternyata pelangi itu ada yg merahnya di atas dan kadang pula ada yg merahnya di bawah yah?
Wuah… keren…^_^
Sambil tersenyum kecil, aku pun berkata padamu: “Itulah sebabnya, kenapa aku katakan padamu bahwa mereka hanya pandai memuji tapi tak mengerti..”
.
Sekarang, cobalah sejenak menatap kerang nautilus dan katakan padaku kenapa nautilus terlihat indah?
Jawabnya, karena kerang nautilus memiliki suatu pola dan ternyata polanya mengikuti deret fibonacci… bukan hanya kerang nautilus, tapi juga Parthenon, perbandingan segi empat emas, spiral pada bunga aster, Lukisan orang tua karya Leonardo da Vinci, lukisan tak selesai Leonardo Da Vinci sekitar tahun 1483, La Parade karya pelukis impresionis Perancis Georges Seurat, Place de la Concorde (sebuah lukisan abstrak linear) karya Piet Mondrian, bahkan bonggol nanas pun mengikuti deret fibonacci… (hanya saja, seindah apapun lukisannya, jika gambarnya makhluk bernyawa… maka hendaklah ia mempertanggungjawabkannya di akhirat sana, hehe^_^)
Tahu kan apa itu deret Fibonacci? Itu tuh pelajaran matematika kita tentang deret… masih ingat dengan deret kan? Seperti aritmetika contohnya, ingat? Deret Fibonacci adalah deret yang diperoleh dengan menjumlahkan dua bilangan sebelumnya: a(n) = a(n-1) + a(n-2) sehingga didapatlah deret 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, … dan seterusnya^_^
.
Bagaimana dengan batik?
Sebagaimana indahnya pelangi, sebagaimana indahnya kerang nautilus, dan indahnya apa-apa yang kau lihat indah… batik pun dapat terlihat indah karena “mereka” semua memiliki pola..
Pada dasarnya, suatu pola akan tersusun dari basis…
Sedangkan basis akan berbeda-beda tergantung dari bahasa…
Sebagaimana bahasa indonesia yg terdiri dari 26 basis huruf, yaitu huruf a sampai z yang kemudian akan membentuk rangkaian kata-kata..
Adapun bahasa warna, basisnya terdiri dari 3 basis utama warna dasar, yaitu merah, biru, dan hijau yang kemudian dapat membentuk aneka warna lain yang begitu berbeda…
Bahkan mesin pun memiliki bahasa, yakni bahasa mesin yang terdiri dari 2 basis saja, yaitu hidup dan mati… para programmer mengenalnya dengan istilah 0 dan 1 dimana nol (0) didefinisikan sebagai mati dan satu (1) didefinisikan sebagai hidup…
Ketika basis-basis ini disusun dengan algoritma matematika atau dengan persamaan-persamaan matematik yang dapat mendefinisikan polanya… maka kita akan sedikit lebih mengerti alasan kenapa benda-benda itu terlihat indah… tentunya “itu” adalah alasan dalam bahasa eksakta…
.
.
Saat ini, aku berharap kau dapat mengerti…
“Mengerti apa?”
Mengerti bahwa keindahan itu dapat diterjemahkan ke dalam bahasa eksakta…
Dan apakah kau tahu????
Inilah yg mendasari kenapa sebagian dari manusia ada yg jatuh cinta pada eksakta..
Sederhana, karena mereka dapat melihat “keindahan” dari sisi yang berbeda…^_^
.
.
Tahukah kau sebuah puisi singkat bahasa Fisika yang berjudul “Hukum Kekekalan Massa”?

Mungkin kau mengira bahwa yang kumaksud adalah integral massa jenis dikali volume per dt sama dengan nol. Memang sih itu benar juga, tapi yang kumaksud disini adalah bahasa romantisnya, maknanya, bukan rumusnya, yaitu makna yg terkandung dari simbol-simbol itu. Apaan sih maknanya? Maknanya adalah “Perubahan massa terhadap waktu sama dengan nol. Dengan kata lain walaupun ‘aku dan dia’ dipecah-belah, walaupun ‘aku dan dia’ dipisahkan oleh samudera, jika dijumlahkan kembali, maka hasilnya akan sama dengan sebelum engkau memecah-mecah massa “aku dan dia”. Itulah yang disebut dengan kekekalan massa, yakni ‘jumlah massanya’ takkan pernah berubah“. Mungkin terlihat biasa-biasa saja olehmu bahkan mungkin sangat membingungkan kan? Tahu kenapa? Karena kau mungkin belum mengerti dimana letak keindahannya,^_^
.
Cobalah perhatikan baik-baik dan mengingat masa lalu kau sejenak. Bukankah jika dihadapkan sebuah rumus dihadapanmu, maka kurang lebih kau berekspresi “oohh.. rumus..”, “oohh.. ini pake integral dan turunan..”, “ooh.. begini cara kerjanya.., akhirnya aku mengerti juga…”, dll. Tapi pernahkah sejenak untuk melihat rumus ini dari sisi yg lain? Pernahkah kau ingin mengerti tehadap apa yg hendak disampaikan ilmuwan melalui rumus ini? Jika kau perhatikan, sebenarnya rumus ini ibarat sebuah kata romantis yang hendak disampaikan kayu kepada api yang menjadikannya abu. Akhirnya, kata-kata romantis itu tak pernah dimengerti oleh si api. Begitu pula dengan rumus-rumus itu, ada sebuah kata romantis yang hendak disampaikan ilmuwan kepada kita, tapi kita tak mengerti bahkan tak mau mencoba untuk mengerti. Itulah alasan utama kenapa pelajaran-pelajaran eksakta merupakan pelajaran yg menjadi momok menakutkan bagi kebanyakan para pelajar. Eksakta dianggap sangat abstrak untuk dimengerti sebagai bahasa.

Pertanyaannya adalah bagaimana mereka bisa lolos dari ujian-ujian eksakta?
.
Sederhana, sebuah pendidikan di negeri ini adalah engkau diajak untuk belajar secara “primitif”
.
Tahukah kau apa yang kumaksud dengan belajar secara primitif???
.
Yakni mereka mempelajari eksakta sebagai pelajaran IPS dimana mereka sekedar menghapal rumus, menghapal langkah kerja penggunaan rumus, dan jika beruntung, maka soal yang sama akan menyapamu di ujian akhir nanti, hehe^_^

betapa primitifnya cara belajar kita yah,? Walaupun kuakui, aku pun kadang-kadang begitu berhubung waktu untuk belajar sangat terbatas^_^

lalu siapakah yang salah dalam hal ini? Entahlah…
Nah, demikianlah “sedikit” yang dapat kusampaikan tentang bahasa eksakta…
Kuharap kau dapat terhibur dengan teknik penulisannya di atas…

suatu teknik penulisan yang mengawinkan antara bahasa sastra dan eksakta… bagaimana? Menarikkah?

Posted in Tak Berkategori | Leave a comment

Harmoni Rindu

Harmoni Rindu

Harmoni Rindu

Bulan itu hampir sempurna membentuk rembulan. Cerah, hangat dan meneduhkan. Di sudut lain sana, kita sedang menikmati rembulan yang sama. Aku sebenarnya tidak jauh, tergantung bagaimana rasamu menafsirkan keteduhan hati yang saling merindu dalam kepasrahan kepada Rabbnya.

Jarak kita memang jauh dan tidak ada yang pernah menyatakan kalau itu dekat. Namun bagaimana perasaanmu ketika melihat rembulan di langit sana? Apa masih ada jarak yang kau rasa?. Kita melihat rembulan yang sama. Satu. Itu tandanya kita dekat. Lalu nikmat Tuhanmu manakah yang kau dustakan?
Dalam ruang tamu yang sederhana ini, aku dapat melihat cahaya remang rembulan dari balik jendela. Menatap kosong setiap lampu yang menyala lebih terang. Cahaya remangmu mampu mengalahkan cahaya terang lampu neon. Sungguh tak sebanding membandingkannya. Keindahan ciptaan Rabb dan kecanggihan penemuan dari sekian ribu eksperimen makhluk ciptaanNya.
Ini bukan membandingkan tentang mana yang lebih hebat antara ini dan itu. Ini semua tentang “rindu”. Rindu yang membuncah tak tertahankan namun tak tersampaikan. Tercegat oleh aturan-aturan cinta Rabb, Sang Penguasa dan Pemilik Cinta Abadi. Agar setiap rindu tak menimbulkan cemburu dari Yang Memiliki.
Rasa rindu ini tiba-tiba membuatku jadi  sangat romantis bak pujangga sedang jatuh cinta. Syahdu bak penyair handal seantero dunia. Galau bagai wanita yang menunggu kepastian yang tak kunjung datang. Sakit bagai pasien yang belum menemukan penawar dari penyakitnya. Seakan-akan hanya satu jawabannya. Kau ada disini.
Bukan hal mustahil memang, tapi itu sulit.
Sebenarnya mudah untuk menyampaikan rasa rindu itu. Tinggal menghubungimu dan menyampaikannya? Sudah pasti. Tapi apakah hanya sebatas itu yang kuharapkan? Sayangnya itu tidak akan kulakukan, karena aku wanita dan masih dalam penjagaan Rabbku.
Bagaimana dengan melihat fotomu? Mudah saja. Aku dapat berseluncur di dunia maya, membuka akun mu lalu membuka album fotomu. Melihat satu per satu gambarmu dalam berbagai macam bentuknya. Tidak ada satu pun orang yang melihat. Tidak ada satu pun orang yang akan tahu. Tapi apakah itu solusinya? Ternyata menundukkan pandangan lebih mulia untukku bahkan hanya sekedar melihat fotomu yang tidak pernah hidup.
Aku tercegat oleh aturan-aturan cinta yang terkadang membuatku merasa terbelenggu.
Maka pada rembulan yang belum sempurna, yang tak mengerti apa-apa, hanya mampu menjadi saksi bisu atas rasa rindu ini. Aku hanya ingin mengucapkan sesuatu,. Ya Rabb, aku rindu dan tetaplah jaga hatiku.
Posted in Rindu | Leave a comment

Jika Sayang

jika Sayang

jika Sayang

Jika sayang…

Bukan hanya ke perasaan, tapi kepada tubuh lemah yang tak rela dibakar api neraka…

Jika cinta…

Bukan hanya ke hati saja… tapi juga ke jiwa yang tak mampu menahan api yang langit dan bumi saja tak sanggup menahan panasnya.

Jika sayang…
Maka sepenuhnya Sebagai caramu untuk menjunjung tinggi sucinya perasaan itu
Jika cinta…
Maka sepenuhnya Dalam menjunjung tinggi kehormatanmu dan kehormatannya Jika cinta dan sayang Maka sepenuhnya Dalam melindungi dirimu dan dirinya dari musibah yang suatu saat dapat menimpa Maka peliharalah kesucianmu dan kesuciannya Insya Allah
Posted in Putri Biru | Leave a comment

Belajar Mencintaimu Sejak Dulu

Belajar Mencitaimu Sejak Dulu

Aku belajar mengenalmu sejak dulu
Sehingga kehadiranmu terasa walaupun kau tidak ada di sampingku
Sehingga aku dan perasaanku menjadi lebih waspada
Hingga keadaan ini mengajarkanku untuk tidak membuat kesalahan yang dapat membuatmu marah kepadaku
Atau justru membuatmu kecewa kepadaku
Ataupun malah membuatmu cemburu
Jika saja kau cemburu karena sikapku, apalagi Allah?
Sedangkan karena Allah-lah hati ini mencintaimu

Aku belajar memahamimu sejak dini
Sehingga aku mencoba untuk mengerti apa yang kamu sukai dan apa yang tidak disukai
Dan juga mengenai apa yang sekiranya kaummu idamkan kepada kaumku

Jika Allah mengkaruniakan kita pertemuan yang dinantikan itu
Apa yang patut aku hadiahkan kepadamu?
Jika persembahanku nanti tidak dapat menyenangkan hatimu
Karena kecerobohanku yang kurang mewaspadai setiap keadaan
Sedangkan Allah datangkan kamu kepadaku dengan keadaan yang baik

Maka sebelum semua itu terjadi, sudah sepatutnya aku lebih menjaga diri
Karena kau adalah karunia yang baik dari Allah yang dikaruniakan kepadaku
Semoga kaupun juga menjaga dirimu di sana,

Namun, jika semua sudah terjadi
Tetaplah memelihara kesucian diri
Karena sejak saat ini,
Aku belajar untuk mempersiapkan hati dalam menerima segalamu sejak dini…

Karena kau tetap yang terbaik
Lantaran kau didatangkan untukku dari Allah Yang Kholik

Karena bagiku,
Sesuatu yang baik, sudah sepatutnya dihadiahkan pula dengan sesuatu yang baik…
Dan yang terbaik itu adalah kamu…

Insya Allah

Vernal Harmony
(April 2012)

Posted in Cinta | Leave a comment

Menyentuhmu Dalam Doa

Menyentuhmu Dalam Doa

Menyentuhmu Dalam Doa

Yaa Allah..
Jika cinta ini semakin membunga
Karuniakanlah kami untuk tetap diam dalam menyimpan rasa yang begitu besar ini kepadanya

Jika cinta ini terbalaskan
Karuniakanlah kami keyakinan yang kuat untuk tidak meragu dengan pilihan itu

Jika cinta ini akhirnya tersampaikan
Karuniakanlah kami untuk diam dari tersampainya rasa ini di saat yang bukan semestinya

Jika cinta ini akan terlaksana
Karuniakanlah KeberkahanMu di dalam sucinya Pernikahan yang dihadiri oleh para malaikat yang senantiasa mendoakan kami
Agar Cinta kami Mawaddah Warahmah

Ku titipkan dia padamu, Yaa Allah
Dari segala sikapku yang sedikitpun tidak dapat menjamin kebaikan bagiku dan baginya jika bukan karena RahmatMu

Jagalah kesuciannya,
Peliharalah dia dari segala gangguan dan godaan

Dan apabila akhirnya Engkau kabulkan harapan suci ini kepadaku tentangnya
Semoga Engkau jadikan perangainya lebih baik daripada yang pernah aku kagumi terhadapnya
Hingga akhirnya Engkau halalkan kami saling menyampaikan cinta yang telah terpendam selama ini di Indahnya pernikahan yang kau Berkahi itu

Namun apabila Engkau berkehendak mengkaruniakanku dengan seseorang yang paling pantas untuk kebaikanku
Maka persiapkanlah kami dalam menempatkan dia yang halal di hati yang telah Engkau perbaharui dengan KaruniaMu
Tanpa ada bekas sedikitpun dari siapapun yang pernah kami cintai

Perbaruilah hati ini dalam memaknai keindahan hanya kepada dia yang halal bagiku kelak
Hingga hati ini tak perlu berpaling lagi kepada yang lain
Karena orientasi keindahan itu hanya ada pada dia yang telah halal bagiku
Bukan kepada siapapun, bahkan mereka yang pernah singgah di lemahnya hatiku..

Posted in Doaku | Leave a comment

Aku Nggak Boleh Sakit

Aku Gak Boleh Sakit

Aku Gak Boleh Sakit

Akankah kita menjalin hubungan yang tidak diberkahi dengan seseorang yang memiliki penyakit di hatinya?
Tidakkah kamu khawatir, jika akibat dari penyakit itu dapat membuatmu merasa sakit suatu saat nanti?

Bisa jadi penyakitnya bukan saja tentang penyakit yang akan menyakitimu kelak.
Tetapi, penyakit itu adalah penyakit yang disebabkan karena ia lebih memilih menggapai suatu kesenangan tanpa Keridhaan Allah terhadap urusannya.
Padahal dia telah memahami apa saja yang Diridhai dan apa yang tidak diridhai oleh Allah.

Dia memilih sesuatu yang belum tentu Dirihai oleh Tuhanya hanya karena dia mementingkan kesenangannya.
Dia berusaha mengajakmu kepada sesuatu yang diharamkan oleh Tuhanmu hanya karena dia mementingkan kesenangannya.
Tidakkah kamu curiga, jika dengan Tuhan saja dia ingkar seperti itu, bagaimana denganmu kelak?
Tidakkah kamu mengira, kepada Perintah Tuhan saja dia mau diajak membangkang, bagaimana dengan perkaramu dengannya kelak?
Tidakkah kamu khawatir, kepada Keridhaan Tuhan saja dia mau ingkar, bagaimana dengan urusanmu dengannya kelak?
Pikirlah sekali lagi, bahwa kamu bukan siapa-siapa, sedangkan dengan urusannya kepada Tuhan saja dia mau membangkang hanya untuk memenuhi kepentingannya.

Jadi wajar jika suatu saat bisa jadi perasaanmu merasa sakit lantaran dikecewakan oleh sikapnya.
Karena bisa jadi pada saat itu keingkarannya kepada Tuhan telah menular pula ke bagian hati yang tertulis namamu di sana.
Hanya karena dia ingin memenuhi kepentingannya saja.

Maka dari itu berusahalah dalam mencari kekasih yang tidak ada penyakit di hatinya.
Yang tidak mengajak dan mau diajak ingar kepada perintah Tuhannya.
Yang tidak mengajak dan tidak mau diajak kepada apa yang akan mengotori kesuciannya.
Yang tidak membangkang kepada apa yang Tuhan Ridhai kepadanya.
Yang tidak membohongi dirinya atas apa yang dicintai oleh Tuhannya.
Cintailah ia karena dia benar-benar mencintai Tuhannya.
Sayangilah ia, tentunya di dalam bahtera keberkahan yang DirahmatiNya.
Karena dia hanya mau mencintaimu dan dicintai olehmu ketika kalian telah berada di dalam naungan KeberkahanNya.

Sehingga, kamu tak perlu khawatir yang berlebihan…
Karena dia akan berusaha untuk tidak menyakitimu kepada sesuatu hal yang dapat membuatmu tersakiti.
Lantaran Tuhan telah memerintahkannya berusaha patuh kepadamu karenaNya,
Ketika kamu telah menjadi kekasih halalnya nanti.^^
Insya Allah.

Percayalah, bahwa tidak ada yang akan disakiti di dalam bahtera itu, melainkan mereka semua akan Dirahmati. Insya Allah
Karena bahtera itu bernama Pernikahan.
Sebuah bahtera yang penuh dengan Keberkahan bagi siapa saja yang berada di dalamnya.
Bukan sebuah bahtera yang dibangun dengan penyakit yang disebabkan karena sengaja memberikan jarak dirinya kepada apa yang Diridhai oleh Tuhannya.

Hati yang sehat lahir dari ketaatan dan kepatuhan kepada Tuhannya.
Itulah yang menjadikan dia begitu berharga bagi hati yang sehat
Maka, bersegeralah dalam menyehatkan hatimu dengan taat kepadaNya
Hargai dirimu dengan hati yang sehat dalam meraih hati yang sehat karenaNya
Janganlah kamu membiarkan penyakit masuk ke dalamnya
Jangan berikan kesempatan bagi penyakit itu untuk datang dan meradang di dalam hatimu
Karena mereka yang hatinya sehat tentunya tidak mau dengan hati yang sakit
Berusahalah memperbaiki diri dengan taat kepadaNya dalam menjadikan hatimu sehat
Karena itu bagian dari usahamu dalam menemukan hati yang sehat.

Tak perluklah kau cari dia dengan merusak kebersihan hatimu
Tak perlulah kamu menghabiskan banyak usaha untuk merayunya
Tak perlulah kamu mengotori kesucian yang terpelihara dalam memikatnya
Karena mereka yang memiliki hati yang sehat hanya mau kepada hati yang sehat
Maka dari itu dalam menemukannya, sehatkanlah diri dan hatimu dengan taat kepadaNya
Insya Allah

Bismillahirrohmanirrohim
Wallahu A’lam

Courtessy:
Vernal Harmony – April 2012 – One of Best of The Best

Posted in Benci | Leave a comment

Aku ini Egois, Pemalas dan Sentimentil

egois - pemalas - pencemburu - sentiment

egois – pemalas – pencemburu – sentiment

Aku itu ‘pemalas’, oleh karena itu aku tidak mau capek tentang masalah hati
Sehingga aku sadar, untuk apa ku habisi waktuku dengan mengisi hatiku kepada seseorang yang belum tentu jodohku!

Aku itu ‘egois’, oleh karena itu aku tidak mau sibuk tentang masalah hati
Sehingga aku sadar, untuk apa ku habisi waktuku dengan berusaha agar seseorang menempatkan aku di hatinya sedangkan dia tak halal melakukan itu

Aku itu ‘sentimentil’, oleh karena itu aku tidak mau memikirkan apa yang bukan hakku
Sehingga aku sadar, untuk apa aku harus mengotori diriku dengan mendekati apa yang DilarangNya ketika mencari seorang pendamping yang suci untuk diriku sendiri?

Aku itu ‘sinis’, oleh karena itu aku tidak mau memaksakan diriku
Sehingga aku sadar, untuk apa aku harus memaksa apa yang tak seharusnya jika ternyata memang Tuhan tidak memilihkan dirinya untuk diriku

AI remembered for 2009-2012

Posted in Benci | Leave a comment